Solusi Error Xampp di Arch Linux – Sesi Solusi #1

Pilihan Xampp yang diinstalkasikan di Linux karena alasan kemudahan, dimana pengguna tidak melakukan keribetan dalam konfigurasi. Hanya instal dan jalankan, namun terkadang Linux memberikan tantangan tersendiri untuk dapat menjalankan service pada Xampp (Apache, MySQL dan Proftp).

Dalam kasus ini Xampp telah terinstall dengan baik, dari awal hingga selesai kemudian berlanjut pengguna untuk mengaktifkan Service APACHE, MySQL dan Proftp. Pada tahap berikutnya terjadi kendala sewaktu diaktifkan seketika Xampp manager tidak meresponnya alias tidak terjadi apa-apa.

Munculnya kalimat sakti pada Log Xampp nya seperti “/opt/lampp/bin/httpd: error while loading shared libraries: libcrypt.so.1: cannot open shared object file: No such file or directory“. Yang menandakan ada library / dependensi yang harus dilibatkan. Dimana kejelasan mengenai hal tersebut dapat di ketahu dari sumbernya Github dan Situs Archlinux

Solusinya singkat dengan perintah:

pacman -Sy libxcrypt-compat # atau

pacman -S libxcrypt-compat # atau

Dengan Mengupdate terlebih dulu sistem Archlinuxnya dengan -Sy kemudian sekaligus menginstalkan library yang diperlukan, walaupun dengan seperti ini agak sedikit lama proses instalasi dibandingkan yang kedua.

Selanjutnya buktikan apakah ketiga servicetersebut sudah memberikan penyelesaian yaitu dengan melalui browser yang diarahkan ke alamat url ini “http://127.0.0.1” atau “http://localhost”.

Leave a comment